Pages

Sunday, October 23, 2011

Countering Huskar - The Sacred Warior



Huskar - The Sacred Warior
Bagi pemain Bnet, siapa yang ga tau hero solo ganker-killer dari mid hingga late game ini, sejak skill ultinya di rework saat 6.72 di launch. Ultinya berefek "Force" nya dari Force Staff, jadi kayak sliding ke target, dan habisin HP target 50% HP huskar 50%(untuk lvl 6) + slow 50% selama beberapa detik. Passive yang sangat mendukung (+damage), skill heal yang bagus, membuat hero ini susah di tandingi saat berhasil Gank hero yang sedang sendirian dan un-prepared.

Untuk hero-hero tanpa escape mechanism yang bagus (anti-magic, windwalk, blind) dan hero non-stunner, merupakan target empuk dari Huskar saat Huskar mulai Roaming mencari sasaran dan makanan. Huskar mulai ganking saat dia memiliki ulti nya di lvl 6.

Huskar Imba? Ga Juga kok.
Jujur, awal hero ini di pakai di Bnet saat 6.72 rilis, benar-benar menggemparkan semua player, hero ini selalu Beyond Godlike dan Owning sejak Mid game. Saya pun menjadi bulan-bulanan hero ini, dan menjadi hero yang paling saya benci saat lawan pick Huskar.

Tetapi, rupanya era Huskar tidak bertahan lama, dan saya pun tidak takut lagi saat lawan pick hero ini. Ya, memang ada yang mengatakan hero ini imba, tetapi tidak seimba itu, karena banyak hero yang dapat men-Counter nya. Ini adalah beberapa pengalaman saya yang berhasil membuat Huskar selalu suram di Mid-Late game, karena setiap nge-Gank langsung mati/atau gagal. Dan akhirnya item-nya ga ada yang jadi.


Bagaimana Cara Men-Counter Huskar Sacred Warior?
Jangan Sampai Huskar Berkembang!
Dengan Orb Effect seranganya yang stack setiap serangan, di tambah lagi Huskar adalah hero Range + punya skill heal yang bagus, Huskar merupakan kandidat penjaga Lane Mid. Bisa dipastikan saat lawan atau kawan kamu pick Huskar, dia pasti minta Mid.

Tetapi, harus di akui, Huskar bukanlah Hero Early Game, karena kapasitas mana, dan skill-skillnya belum saling mendukung satu sama lain, dan yang pasti, Huskar butuh Ulti. Lalu bagaimana untuk menghambat pertumbuhan nya?

Tim kamu harus ada yang Pick Lich, dan suruh dia di Lane Mid. Mengapa Lich, karena Lich adalah hero paling WTF yang ada di dota. Dia adalah Heavy Harasser yang bisa nyicil lawanya dengan leluasa tanpa harus takut kehabisan Mana. Tetap main safe, dan cicil dengan Skill Es Lich dan bikin Huskar ga betah di Early game.

Pick Heavy Nuker/Stunner/Disabler
Heavy Nuker juga menjadi counter Huskar di Early-Mid game, saat huskar mencari mangsa, dan dia meremehkan hero-hero heavy Nuker, di situlah kematian-nya. Contoh saja huskar dengan Max HP 1000, mencoba Gank Leshrac - Tormented Soul (ini yang sering saya alami). Huskar Ulti Leshrac, hingga HP 500, lalu leshrac Stun Huskar dan pukul-pukul 2x + Skill Petir. Mati deh tuh huskar. Masih banyak Hero-hero yang lainnya yang dapat menghasilkan ratusan damage dengan 2-3 Skill saja. Hero heavy Nuker : Lion - Demon Witch, Lina - Slayer, Zeus - Lord of Olympus, dll.

Hero-Hero Spesial
Ada beberapa hero Spesial, yang menurut saya, memang diciptakan untuk men-Counter Huskar. Inilah hero-hero tersebut.

Tiny - Stone Giant
Kesalahan yang paling saya temui adalah, Huskar mencoba Gank tiny yang lagi sendirian. OMG, tiny memiliki keuntungan yang besar saat dia hanya Head to Head dengan Hero Lawan. Kenapa? Dengan Combo Ava + Toss, di lvl 8, tiny dapat menghasilkan 900 damage. Bisa di bayangkan Huskar sliding ke tiny dengan HP 500, lalu dengan santainya tiny melemparnya di udara dan FIRSTBLOOD.

Necrolyte
Udah tahu Ulti necrolyte kan? Semakin banyak HP hero Lawan yang hilang, maka semakin sakit lah Ulti ni Hero. Contoh, HP Huskar 1000/1000, kemudian Ulti Necrolyte dan sekarang HP Huskar 500/1000. Necro heal dengan skill pertama, sekaligus damage Huskar 200-an damage. HP Huskar 300/1000. Ulti necrolyte di hitung dari banyaknya HP yang hilang, dalam kasus ini, Huskar Kehilangan 700 HP. Hero ini memang diciptakan untuk countering Huskar.

Axe
Udah deh, kalau belum punya HP yang tebel, jangan coba-coba deket-deket nih hero. Huskar terkenal bangga dengan HP merah nya, dan Hero ini adalah Hero Instant Kill buat Huskar, Counter Helix nya bener-bener sakit di early-mid game. Dan Culling Blade nya, benar-benar counter buat Huskar.

Viper
Bila Huskar Damage nya OMG jika ber HP merah. Viper akan memiliki Damage OMG jika attack Lawan yang HP nya merah. Hehehe. Mungkin mereka emang berjodoh kali ya, saling melengkapi. Bener-bener sakit deh Huskar kalau lawan Hero ini.

Kesimpulan
DotA itu kompleks, ga ada hero imba di dota, karena Hero-Hero dota itu Dari Rakyat, dan Untuk Rakyat, ketika ada hero yang IMBA, maka kita bisa mengajukan pendapat kita ke IceFrog di Playdota.com, dan mengajukan Pertimbangan untuk ReWork skill, dll. Semua itu tergantung ma Skill dan Emosi player nya. Terkadang player Pro, mainnya ancur gara-gara kepancing Lawan yang Bacod. Dan akhirnya kalah.

Masih banyak Hero dan Strategi lain yang bisa digunakan buat Counter Huskar, dan keterbatasan skill saya lah yang membatasi untuk mengungkapnya disini. Bila kawan-kawan semua punya Strategi lain, mohon di share ya... Post aja di komentar.

Salam Hangat, DDF CoCo

2 comments:

  1. Mantabs gan..ane stress cari anti dota yang efektif..selain nuke yg pasti..Thx Bro.

    ReplyDelete
  2. g ada yg bs lawan qlo w yg pake huskar.... wheehhee

    ReplyDelete

Komentarnya dong...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...